Terminasi: Membangunkan Kembali Subjek Yang Tertidur

Terminasi adalah sebuah prosedur untuk “membangunkan” seseorang dari kondisi hipnotis atau biasa disebut dengan kondisi trance.

Dengan hanya meminta subjek untuk membuka matanya bukan berarti membuat subjek “keluar” dari kondisi trance. Karena kondisi trance dapat terjadi bahkan ketika subjek membuka kedua matanya.

Oleh karena itu, yang perlu kita lakukan adalah meminta subjek untuk bangun secara perlahan. Anda bisa memberi sugesti seperti ini.

“Saya akan menghitung dari 1 hingga 5… Dan dalam hitungan ke-5 anda akan terbangun dan kembali sadar… Pikiran anda akan menjadi lebih segar… Lebih fresh dari sebelumnya… 

Satu… Rasakan anda mulai merasakan suasana sekitar anda dengan kesadaran anda… Dan rasakan pikiran anda menjadi lebih segar dan positif…

Dua… Pikiran anda menjadi lebih segar dan fresh dan anda menjadi semakin sadar… Karena pada di hitungan ke-5 anda akan terbangun dari kondisi hipnotis ini dan kembali sadar dan normal seperti sedia kala…

Tiga… Rasakan pikiran anda menjadi semakin sadar dan lebih segar dari sebelumnya…

Empat… Bersiaplah untuk memasuki kesadaran total dan anda merasakan pikiran anda menjadi lebih segar dari sebelumnya…

Lima… Buka mata anda dan rasakan pikiran anda menjadi lebih segar dan positif dari sebelumnya..”

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan terminasi hipnotis, diantaranya;

Satu, jika sugesti dalam hipnotis yang digunakan hanya sebatas untuk hiburan, maka perlu dilakukan netralisasi sugesti ketika mengakhiri proses hipnotis seperti ini:

“lupakan sugesti yang pernah saya berikan kepada anda sehingga pikiran anda menjadi kembali netral terhadap sugesti saya”

Hal ini diperlukan untuk mencegah “sugesti hiburan” tersebut masih aktif dan berpengaruh ke pikiran sadarnya.

Dua, lakukan secara perlahan. Terminasi yang dilakukan secara cepat dan terburu-buru akan membuat subjek merasa pusing ketika terbangun dari kondisi trance.

Sama seperti seseorang yang sedang nyenyak tertidur lalu tiba-tiba dibangunkan secara paksa dan tergesa-gesa biasanya akan merasakan pusing.

Tiga, berikan sugesti yang bermanfaat seperti sugesti untuk menjadi pribadi yang bijaksana, positif dan lebih baik dari sebelumnya.

Selamat mencoba…

Leave a Reply